Orang Syiah Shalat Di Masjid Ahlussunnah Bagian (Dua)

Orang Syiah Shalat Di Masjid Ahlussunnah Bagian (Dua)

Soal:
Pertanyaan tentang Rafidhah, mereka yang ada di antara kami pergi ke pasar-pasar dan shalat di masjid-masjid kami. Apakah kami boleh mengusir mereka dari masjid?

Jawab:
Saya memandang, mereka tidak perlu diusir dari masjid, tetapi biarkanlah mereka shalat. Mudah-mudahan Allah member hidaya kepada mereka bila masuk masjid selama diketahui mereka mau shalat bersama orang-orang (baca : bermakmum kepada imam masjid tersebut).

Namun, bila mereka mendirikan shalat jamaah sendiri di belakang jamaah yang sudah ada, berarti mereka telah menolak untuk shalat bersama orang-orang yang bukan kelompok. Mereka harus dinasihati agar shalat bersama orang lain.

Sedangkan mengusir mereka dari masjid, maka saya tidak setuju dengan itu. Bila mereka tidak mau shalat bersama jamaah, katakanlah kepada mereka, “Tunggulah bila kalian tidak ingin shalat bersama Jamaah. Tunggulah sampai orang-orang keluar dari masjid lalu shalatlah kalian”.

Berusahalah mengajak mereka kepada kebenaran secara kolektif. Menyeru secara kolektif bias jadi tidak bisa jadi tidak membuahkan hasil, tetapi lihatlah orang yang terpelajar di antara mereka yang memiliki intelektual. Undang lah ia ke rumah anda dan berdialoglah dengannya dengan adil.

(Liqa’ul Babil Maftuh, Syaikh Al-Utsaimin, V : 27, Pertanyaan No.363)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.