Mungkinkah Ahlussunnah dan Syiah Bersatu

Mungkinkah Ahlussunnah dan Syiah Bersatu

Soal:
Sejauh pengetahuan anda yang terhormat tentang sejarah Rafidhah, apa sikap anda terhadap prinsip pendekatan antara Ahlussunnah dan mereka?

Jawab:
Pendekatan antara Ahlussunnah dan Rafidhah tidak mungkin dilakukan karena akdah masing-masing berbeda. Akidah Ahlussunnah wal Jamaah adalah tauhid kepada Allah dan ikhlas beribadah kepada-Nya Subhanu Wa’taala. Dan, bahwa tidak ada satupun, baik malaikat yang didekatkan kepada Allah maupun nabi yang diutus, yang dijadikan sekutu bagi-Nya. Allah Subanahu Wa’Taala yang mengakui perkara gaib.

Di antara akidah Ahlussunnah adalah mencintai para sahabat dan ridha terhadap mereka. Mereka meyakini bahwa para sahabat adalah mahluk Allah yang paling mulia setelah para Nabi. Orang yang paling muda di antara mereka adalah Abu Bakar Ash-Siddiq, lalu Umar, lalu Utsman, lalu Ali.

Sementara itu, Rafidhah tidak seperti, sehingga tidak mungkin kedua disatukan, sebagaimana mustahil menyatukan antara Yahudi, Nashara, paganis, dan Ahlussunnah. Demikian pula penyatuan antara Rafidhah dan Ahlussunnah tidak mungkin dilakukan karena perbedaan akidah yang telah kami jelaskan.

(Majmu’ Fatawa wa Maqalat, Bin Baz, V : 156)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.