Menlu Amerika Serikat Serukan Bantu Rezim Syiah Irak Melawan Pejuang Ahlus Sunnah

Menlu Amerika Serikat Serukan Bantu Rezim Syiah Irak Melawan Pejuang Ahlus Sunnah

Shoutussalam.com – Seperti dikutip dari Reuters, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, menyeru pada Ahad (05/01/2014), untuk membantu rezim pemerintahan boneka Irak yang dikuasai Syiah melawan perjuangan mujahidin Ahlus Sunnah. Mujahidin Ahlus Sunnah telah berhasil menguasai dua kota di Provinsi Anbar, yakni Ramadi dan Fallujah.

Berkibarnya bendera rayyah di gedung kantor pemerintahan di Fallujah segera direspon oleh Amerika dan Barat, bahwasanya Al-Qaeda sedang meningkatkan intensitas kebangkitannya. Tensi perlawanan terhadap pemerintahan Irak yang didominasi Syiah makin meningkat saat tetangga mereka Suriah mengalami peperangan.

Seperti info dan laporan yang telah beredar bahwa suku-suku Sunni di Irak kini makin erat untuk menyokong Daulah Islam Irak dan Syam (ISIS). Hal ini jelas memicu rasa jengkel pada pemerintahan Syiah Irak yang luar biasa. ”Tidak akan ada penarikan (pasukan) sampai kita melenyapkan kelompok ini dan menyingkirkan kejahatan ini dari rakyat Anbar,” ungkap Nuri Al-Maliki, Perdana Menteri pemerintahan Syiah Irak.

Sementara itu, meski menyerukan bantuan terhadap rezim Syiah, John Kerry mengaku AS tak akan mengirimkan pasukan. ”Ini adalah pertarungan di dalam Irak, kami tidak membayangkan untuk kembali (ke Irak).” kata John Kerry saat berkunjung ke Israel. ”Kami akan menolong mereka (rezim Syiah) dalam peperangan, tapi dalam perang ini, pada akhirnya mereka harus menang dan saya percaya bahwa mereka bisa.” ungkapnya.

Sumber di ambil dari Web : http://shoutussalam.com/2014/01/amerika-serikat-bantu-syiah-irak-lawan-sunni/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.