Keutamaan Ahli Bait dan Bijaksana dalam Mencintai Mereka

Keutamaan Ahli Bait dan Bijaksana dalam Mencintai Mereka

Keutamaan Ahli Bait sudah popular. Dalil-dalil yang menunjukkan kelebihan mereka di atas orang-orang selain mereka lantaran mereka berasal dari keluarga dan kerabat Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam cukup populer. Sebab itu, mereka wajib lebih dicintai daripada kaum muslimin selain mereka.

Orang yang tidak Bergama dengan cara beragamanya Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam dengan meninggalkannya sama sekali, atau berafiliasi kepadanya tetapi terdapat salah satu pembatal agama pada dirinya, maka orang tersebut tidak mendapatkan satupun hak sebagai seorang muslim, disamping tidak mendapatkan hak dari pemimpin para nabi, Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

Orang-orang syiah Rafidhah mencintai Ahli Bait, namun kecintaan mereka berlebihan. Orang-orang syiah pada awalnya tidak begitu ekstrim dalam mencintai ahli bait. Sayang, kezindikan merasuki mereka. Sehingga dari mereka, lahir orang-orang Syiah yang bahayanya terhadap kaum muslimin sudah populer, semisal Abdullah bin Saba’. Semula mereka berfiliasi kedalam Islam dan kaum muslimin hanya berangkat dari bid’ah tasyayu’,1) Lalu bertambah dan keluar dari bid’ah tasyayu tersebut hingga menjadi rafidhah. 2)

Mereka adalah pemuka segala kejahatan dan tahayul (khufarat). Mereka adalah orang-orang pertama yang membangun masjid di atas kuburan. Pada akahir bada ketiga dan awal abad keempat, gelombang tahayul dan kesyirikan bertemu dengan paham di laut barat, yaitu orang-orang Ubaidiyin, juga paham di laut Timur, yaitu orang-orang Buwaihiyin. Maka fitnah pun menggurita. Pada masa ini juga muncul sekte Qaramithah (Bathiniyah). Mereka semua muncul pada akhir abad ketiga dan awal abad keempat. Itulah bukti kebenaran sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam :

خير الناس قر نى, شم الز ين يلونهم, شم الذ ين يلو نهم

“ Orang-orang terbaik adalah (generasi) pada masaku (sahabat), lalu orang setelah mereka (tabi’in), lalu orang-orang setelah mereka (tabiut tabi’in).”

Setelah tiga generasi tersebut berlalu, muncullah kekacauan yang nyata dan kegelapan bid’ah, walaupun tidak dipungkiri bahwa pada zaman sahabat, bid’ah sekte Khawariij dan Qadariyah telah muncul.

Maksudnya, keluarga Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam memiliki keistemewaan dan hak dicintai yang lebih karena kedudukan mereka di sisi beliau. Namun, ukurannya jangan sampai belebihan seperti yang dilakukan oleh Syiah yaitu berupa kesyirikan baik pada awal urusan maupun akhir urusan. Ditambah lagi dengan bida’ah Mu’tazilah dan Qadariyah yang bergabung dengan mereka pada zaman ini mendominasi.

Tingkah laku orang-orang Rafidhah berlebih-lebihan terhadap Ahli Bait dan suka menghujat para sahabat. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok. Sebagian mereka menuduh khianat, mereka mengatakan bahwa Jibril mengkhianati risalah.3) Mereka ini kafir. Sedang Syiah Mufadhilah (yang mengutamakan Ali di atas para sahabat) adalah bid’ah. Misalnya ekstrim dalam mencintai Ahli Bait dengan berlebihan namun tidak sampai pada tindak kesyirikan. Tingkatan ini adalah bida’ah semata, sebelum dimasuki oleh bid’ah –bid’ah lain yang besar.

Orang-orang Rafidhah adalah para pendusta yang paling besar, terutama Ali Ja’far Ash-Shadiq. Suatu kebodohan adalah manakalah orang-orang Rafidhah mengambil segala hal yang diriwayatkan dari Ja’far. Padahal, itu semua tidak shahih, di samping segala sesuatu juga mereka dustakan.

Mereka adalah para pendusta terbesar. Mereka adalah orang-orang yang paling besar kedustaannya terhadap Rasulnya Shallallahu ‘alaihi Wasallam dan Ahli Bait. Mereka juga pembohong terbesar terhadap kebenaran. Karenanya, Ancaman berikut ini pantas berlaku kepada mereka, “Dan siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak 4) tatkalah yang hak itu datang kepadanya?”

(Al-Ankabut [29] : 68). Hadits-hadits yang shahih mereka tolak, sedangkan hadits yang palsu. Tak ada asal-usulnya dan batil malah mereka terima.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.