Hukum Mengikuti Madzhab Syiah

Hukum Mengikuti Madzhab Syiah

Soal:
Sebagian orang memandang bahwa agar ibadah dan muamalah seorang muslim benar, ia harus mengikuti salah satu madzhab dari empat madzhab yang sudah populer. Dan tidak termasuk madzhab Syiah Imamiyah dan Syiah Zaidiyah. Apakah anda yang mulia setuju dengan pendapat ini secara mutlak, sehingga anda melarang orang mengikuti madzhab Syiah Imamiyah dan 12 imam mereka, Misalnya?

Jawab:
Seorang muslim wajib mengikuti apa yang datang dari Allah dan Rasulnya bila ia mampu mengambil hukum sendiri. Jika ia tidak mampu melakukan itu, ia mesti bertanya kepada ulama tentang persoalan agama yang sulit bagia, serta memastikan ulama yang paling mengetahui kesimpulan masalah tersebut untuk bertanya kepadanya secara lisan maupun tulisan.

Seorang muslim tidak boleh mengikuti madzhab Syiah Imamiyah, Syiah Zaidiyah ataupun ahli bid’ah semisal mereka, seperti Khawarij, Mu’tazilah, Jahmiyah dan selain mereka.

Adapun afiliasi seorang muslim kepada sebagian dari empat madzhab yang telah dikenal, tidak adalah masalah dalam hal ini selama ia tidak fanatic kepada madzhab yang ia ikuti, serta tidak menyelisihi dalil demi kefanatikannya.

(Fatawa Al-Lajnah Ad-Dimah lil Buhuts wal Ifta’, I : 153)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.